Bagaimana Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi mobil all risk adalah salah satu jenis asuransi untuk mobil yang memberikan banyak keuntungan bagi para pemilik polis asuransi. Memiliki asuransi untuk mobil tentu penting bagi Anda yang punya kendaraan roda empat. Asuransi ini membantu untuk perlindungan mobil anda dari resiko kerusakan karena berbagai penyebab dan juga kehilangan kendaraan.

Nah ketika mobil mengalami kerusakan, tentu otomatis akan melakukan klaim asuransi mobil. Nah untuk jenis asuransi all risk, apakah apa saja yang perlu dilakukan agar klaimnya bisa berjalan dengan lancar?

1. Tanda Bukti

Saat asuransi mobil all risk, anda perlu melakukan pemberian tanda bukti bagian-bagian mobil yang misalnya mengalami kerusakan dan memang ingin melakukan klaim atas kerusakan mobil. Foto-foto bagian mobil yang mengalami kerusakan ini sangat penting untuk mendukung saat anda akan melakukan klaim mobil.

Anda juga perlu lakukan yaitu membuat kronologi tertulis bagaimana kejadian rusaknya mobil, misal akibat kecelakaan. Anda perlu menulis kronologinya secara detail dan jelas tentang kejadian perkara.

2. Datangi Bengkel Rekanan

Selanjutnya yang perlu dilakukan ketika akan klaim asuransi mobil, Anda harus datang di bengkel yang terdaftar dalam rekanan asuransi. Jika memang Anda berada di luar kota dan tidak terdapat bengkel rekanan, bisa hubungi pihak agen asuransi dan ceritakan masalah yang anda alami.

Biasanya agen asuransi akan membantu mencari solusi yaitu dengan merekomendasikan bengkel tertentu yang bisa anda datangi. Klaim kerusakan mobil akan dilakukan pada bengkel rekomendasi tersebut.

3. Mengisi Formulir Asuransi

Nantinya anda akan disuruh untuk mengisi formulir klaim yang tersedia pada bengkel. Saat ini bisa juga dilakukan secara online terutama pada platform rekanan dari pihak asuransi.

Pengisian formulir secara online tentu akan memudahkan Anda yang tidak ingin repot langsung datang ke bengkel. Cara ini efisien dan juga tidak akan memakan banyak waktu. Setelah melakukan pengisian formulir, bengkel biasanya akan konfirmasi terlebih dahulu ke pihak perusahaan asuransi. Ini seputar pengajuan klaim apakah disetujui atau tidak. Ketika pengajuan klaim disetujui mobil anda biasanya langsung Akan diperbaiki.

4. Klaim Asuransi Untuk Kehilangan Mobil

Anda juga perlu tahu bahwa melakukan klaim asuransi untuk kehilangan mobil agak berbeda caranya. Yaitu setelah kejadian kehilangan mobil anda perlu mendatangi kantor polisi untuk melaporkan kasus kehilangan. Kemudian buat kronologi tertulis bagaimana hilangnya kendaraan anda. Jangan lupa menyertakan data diri seperti KTP, SIM, STNK, BPKB dan juga polis asuransi serta surat laporan kehilangan dari kantor polisi. Kelengkapan data diri ini, bisa mempermudah klaim asuransi anda disetujui. Nah kemudian Anda bisa lakukan pengajuan klaim asuransi.

Jadi itu tadi beberapa cara yang harus anda lakukan untuk klaim asuransi mobil all risk. Nah Jika Anda berminat untuk membeli polis asuransi dengan cara mudah dan secara online bisa dilakukan di website atau platform terbaik yaitu Lifepal. Lifepal memberikan diskon premi hingga 25%. Anda bisa bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya, Lifepal memberikan premi yang paling murah.

Untuk premi perbulan mulai dari 175 ribu untuk pilihan asuransi all risk. Sementara untuk pilihan asuransi TLO yakni 75 ribu saja perbulan. Di Lifepal,  ada banyak pilihan perusahaan asuransi. Pilihan yang beragam ini tentu sangat menguntungkan bagi anda semua. Informasi lebih lengkap dan detail bisa langsung anda dapatkan hanya dengan berkunjung ke website resmi Lifepal.id.

Leave a Comment