Mana Yang Paling Bagus : Rantai Besi, Rantai Stainless Dan Rantai Baja?

 

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis rantai yang digunakan untuk berbagai keperluan terutama dalam memindahkan beban ataupun mengikat barang. Rantai biasanya digunakan dalam dunia industri untuk berbagai keperluan. Yang umumnya dipakai adalah tiga jenis rantai seperti rantai stainless, rantai besi dan juga rantai baja.

Jenis-Jenis Rantai

Ketiga rantai ini tentu memiliki perbedaan masing-masing dengan penggunaan berbeda pula.

1. Rantai Besi

Yang pertama ada rantai besi, di mana rantai ini bahannya adalah dari besi dan digunakan untuk berbagai penggunaan. Mulai dari pengikat, light lifting hingga light towing. Biasanya rantai ini digunakan untuk mengangkat beban yang ringan dan jarang digunakan untuk industri alat bantu mengangkat beban yang berat.

Biasanya rantai ini dipakai dengan lapisan tambahan berupa galvanis dan stainless steel. Untuk harga rantai besi sendiri berbeda-beda tergantung ukurannya.

2. Rantai Stainless

Yang selanjutnya ada rantai stainless, Di mana rantai ini dibuat dari campuran logam, besi, karbon dan chromium. Rantai ini punya kandungan kromium sehingga sangat berbeda dari rantai baja. Kandungan kromium-nya tentu saja bisa meningkatkan daya tahan rantai terhadap karat dan juga meningkatkan kekuatan rantai kita sendiri. Rantai punya warna yang tanpa noda dan terlihat sangat bersih meskipun digunakan untuk jangka waktu yang lama.

3. Rantai Baja

Untuk rantai Baja memiliki material yang kuat dan kokoh dibanding besi. Penggunaannya untuk lifting dan towing beban yang sangat berat. Rantai Baja memiliki kemampuan untuk mengangkat berat yang lebih tinggi daripada kedua jenis rantai yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu rantai juga sangat kokoh, awet dan tahan karat. Namun biasanya dibuat dari beberapa campuran seperti karbon dan alay sehingga membuat rantai semakin kuat apalagi jika menemukan rantai baja dengan ukuran yang lebih besar. Untuk rantai baja dengan ukuran yang besar disebut juga sebagai rantai jangkar kapal.

Perbedaan Menyeluruh 3 Jenis Rantai

Untuk ketiga jenis rantai ini memiliki beberapa perbedaan seperti berikut.

  • Untuk daya tahan rantai sendiri maka yang paling unggul adalah stainless steel karena bisa bertahan dari angin, air dan panas matahari serta bisa tahan dari api ataupun tekanannya. Tidak heran mengapa stainless steel bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Ketiga rantai cukup ramah lingkungan karena bisa didaur ulang dan dibuat menjadi objek baru tanpa hilang kekuatannya.
  • Tiap jenis rantai punya perbedaan Harga tetapi tidak tergantung pada bahan utamanya. Perbedaan harga pada ketiga jenis rantai terletak pada kekuatannya. Tapi biasanya lantai yang paling murah adalah rantai besi. Sementara untuk jenis rantai yang harganya lebih mahal yaitu rantai dari bahan stainless steel karena dibuat dari beberapa jenis elemen termasuk pula besi.

Bagi anda yang membutuhkan jenis rantai besi, rantai stainless dan rantai baja bisa membelinya dengan mudah ditulis tributor nomor satu di Indonesia yaitu Mega Jaya. Di Mega Jaya terdapat banyak pilihan rantai dengan berbagai ukuran yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Distributor ini menyediakan jenis-jenis rantai dengan kualitas terbaik dan harga yang cukup kompetitif. Bahkan Anda bisa mendapatkan diskon harga dengan mengisi formulir pada website resmi Mega Jaya. Untuk Anda yang penasaran dengan produk rantai besi dari Mega Jaya ataupun jenis rantai lainnya, kunjungi website resmi Mega Jaya sekarang juga. Dapatkan harga rantai besi disini!.

Leave a Comment