Ciri-ciri Menopause yang Wajib Diketahui Pembaca SehatQ

Menopause adalah sebuah kondisi seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi secara rutin. Kondisi ini termasuk dalam direktori penyakit yang secara alami akan terjadi pada semua wanita. Jika sudah memasuki usia 45 tahun ke atas, maka kondisi ini akan terjadi. Untuk tahu apakah keadaan ini akan terjadi, ada beberapa ciri utamanya.

Kondisi yang terjadi pada wanita bisa diperhatikan dari beberapa aspek berbeda. Setidaknya ada lima aspek gejala yang bisa menandai dimulainya keadaan ini. Bagi yang sedang mengalaminya atau sedang bersiap untuk tahu gejalanya, berikut adalah beberapa ciri yang harus diperhatikan. Simak daftar di bawah ini:

1. Timbul Beberapa Perubahan Fisik

Apabila sudah mendekati masa menopause, maka ada beberapa kondisi yang bisa menjadi ciri utama jika dilihat secara fisik. Misalnya saja kepala mudah pusing. Bisa jadi kepala yang sering pusing di usia 45 ke atas adalah gejala yang terjadi. Ada juga gejala lain seperti mudah berdebar pada jantung secara signifikan.

Dua gejala tersebut umum terjadi pada wanita. Selain dua hal di atas, sering merasa panas dan kegerahan bisa menjadi gejala umum lainnya. Kondisi panas ini biasanya hingga menyebabkan tubuh memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Semua gejala ini tergolong gejala fisik yang mudah terjadi.

2. Ada Perubahan pada Menstruasi

Perubahan lain yang terjadi adalah pada masa menstruasi. Ciri utama bisa dilihat dari siklusnya. Biasanya, setiap satu bulan sekali adalah siklus yang paling umum pada menstruasi. Namun jika saat memasuki usia 45 ke atas siklus menstruasi menjadi tidak teratur, maka bisa dicurigai sebagai salah satu cirinya.

Selain pada siklusnya, tanda lain yang bisa dilihat adalah pada volume darah yang dikeluarkan. Saat masa normal, darah yang keluar akan cenderung banyak di awal dan mulai menurun jika menstruasi akan selesai. Namun jika mengalami gejala menopause, maka volume darah tidak terkendali dan bisa sedikit atau malah banyak.

3. Muncul Perubahan Psikologis

Dua ciri di atas pastinya sudah bisa membuat menopause mudah dikenali. Namun, gangguan kesehatan semacam ini cenderung memiliki banyak sekali gejala di berbagai sisi. Pada sisi psikologis, ada juga beberapa gejala yang sangat umum terjadi. Yaitu perubahan kondisi hati yang mudah berganti dan sulit diprediksi.

Sehingga wanita yang mengalami kondisi ini akan lebih mudah marah atau sedih secara tidak terkontrol. Hal lain yang bisa ditemukan adalah kondisi susah tidur yang berkepanjangan dan semakin parah. Bahkan, ada beberapa wanita yang mengalami depresi saat menemui kondisi seperti ini pada tubuhnya.

4. Timbul Beberapa Perubahan Penampilan pada Fisik

Jika tadi ada perubahan fisik, sekarang ada perubahan penampilan fisik. Perubahan ini ditandai dengan berubahnya beberapa bagian tubuh yang jika dilihat akan sangat mencolok. Misalnya saja kulit menjadi lebih kering dari biasanya atau rambut mengalami kerontokan. Dua hal ini akan sangat kentara jika dilihat secara langsung.

Bisa juga seorang wanita akan mengalami perubahan berat badan pada tubuh menjadi lebih gemuk atau lebih kurus. Bahkan jika gejala penampilan fisik parah, maka payudara bisa kendur dari waktu ke waktu. Semua kondisi ini bisa juga terjadi satu waktu dan secara bersamaan. Sehingga akan mudah dilihat dan dikenali.

5. Ada Perubahan dari Segi Seksual

Gejala terakhir adalah dari kondisi seksual seorang wanita. Vagina yang mulai kering bisa dijadikan indikator utama untuk mengetahuinya. Kemudian jika terjadi penurunan gairah seksual, seorang wanita juga harus mulai peka bahwa ini tergolong gejala lainnya. Dua hal ini biasanya terjadi secara bertahap pada wanita.

Itulah gejala-gejala menopause yang terjadi pada wanita dari berbagai aspek. Tidak semua gejala akan muncul secara bersamaan. Biasanya menopause akan memunculkan gejala secara bertahap dan satu per satu. Setiap wanita juga pastinya memiliki gejala berbeda-beda. Sehingga harus jeli untuk melihat apa saja gejala yang mulai muncul.

Leave a Comment